07/01/10

Software Gratisan Bikin File Installer (Setup File)

Bagi para developer software tentu membuat file installer merupakan hal yang amat perlu. Selain kita bisa lebih mudah sharingnya (karena bisa mencakup seluruh file yang dibutuhkan dalam satu setup), software yang dibikin file installer-nya terlihat lebih professional daripada langsung dijalankan tanpa di-install (portable). Nah, ini dia dua software rekomendasi buat tugas para developer, ini.


1. SSE Setup

SSE Setup memang cukup banyak digandrungi para pembuat software. Kemampuan untuk bikin installer atau pun file uninstall Akang kira cukup mudah. Berbagai fasilitas yang dibutuhkan semisal kita kudu bikin lisense (copyright), gambar header, sampai info software seperti developer, situs resmi, nama perusahaan, dan lain-lain: ada. Aplikasi ini juga dapat meregister DLL's/OCX, create/set/delete registry entries, dan kemampuan lainnya. Meskipun free, SSE Setup sangat ampuh dan mudah digunakan. Dan yang perlu diketahui, SSE Setup tetap bersifat free "selama" software yang Anda buat adalah freeware. Jika software berbayar, ada ketentuan sendiri nantinya. Silahkan lihat situs resmi/help file-nya untuk keterangan lebih lanjut.

Download: www.ssesetup.com


2. MakeMSI

Aplikasi ini fungsinya sama yaitu bikin file installer. Bedanya, kalau SSE Setup hasilnya berformat .exe, sedangkan sesuai namanya, Make MSI hasilnya akan berformat .msi, Anda tahu MSI kan?? Dengan format MSI, komputer Anda tentunya harus sudah terinstall .Net Framework untuk menjalankannya.

Download: www.dennisbareis.com


Sedangkan jika Anda ingin software install maker berbayar Anda bisa pakai software yang cukup terkenal, Smart Install Maker. Tapi kalo ada yang gratis, ngapain musti bayar..?

Oke, sebenarnya masih banyak lagi aplikasi serupa. Tapi saat ini Kang Maman cuma kasih info dua software gratis aja. Kalau mau yang lain, silahkan cari di google dengan berbagai keyword seperti "download software instal maker".

0 komentar:

Posting Komentar