01/01/10

Beberapa Tool Gratis Untuk Memperketat Keamanan Komputer

Meski banyak sekarang antivirus canggih yang beredar, bukan tidak mungkin antivirus tersebut tidak kecolongan. Di era kemudahan internet jaman ini, salah membuka satu situs saja, malware bisa saja masuk. Dan jika malware sudah bekerja, data-data Anda bukan lagi rahasia
pribadi Anda.

Oleh karena itu, tetapkan keamanan sebagai prioritas akses online Anda. Berikut beberapa tool penting gratis yang Kang Maman rekomendasikan buat sobat semua untuk memperketat sekuriti komputer Anda. Memang bukan berarti komputer Anda 100% aman, tapi setidaknya kita berusaha mencegahnya demi kemungkinan terburuk.

1. Secunia PSI

Buat Kang Maman, rasanya software ini sangat wajib di-install di setiap komputer. Bukan karena bergaya, tapi fungsi softwarenya saja terkadang kita melupakannya. Secunia PSI digunakan untuk men-scan seluruh aplikasi yang ada di komputer agar Anda tahu program mana yang belum diupdate atau di-patch.

File yang diperiksa (terutama file .exe, .dll, dan .ocx) berisi informasi yang berasal dari vendor software/aplikasi tersebut. Setelah memerika semua file, data yang didapat akan dikirim ke server Secunia untuk dicocokkan dengan Secunia File Signatures Engine di http://psi.secunia.com agar Anda dapat mengetahui sebenarnya aplikasi yang terinstall di komputer Anda. Setelah itu Anda akan mendapat laporan tentang update sekuriti yang tidak ada pada komputer Anda.

Software yang berbahaya akan segera ditandai oleh Secunia PSI dan mencari link download update security yang hilang. Oh ya, Secunia PSI saat ini mampu mendeteksi lebih dari 47.000 aplikasi.

2. OpenDNS

Mempercepat web surfing, memperbaiki kesalahan pengetikkan nama domain dengan cepat, dan melindungi komputer dari phising adalah kemampuan unggulan dari OpenDNS. Yang perlu Anda lakukan cukup mengganti DNS Anda dengan server OpenDNS 208.67.222.222 dan 208.67.220.220

Fitur lain dari OpenDNS yaitu perental control, shortcut , dan fitur lain yang membuat browsing anda lebih berkualitas.

3. Link Scanner Lite

Software ini cukup memberikan kepuasan pada pengguna. Anda cukup mengisi box dengan link situs. Selanjutnya, klik scan adress. Misal http://warteg-blog.blogspot.com , maka Anda akan mendapat detail bahwa situs ini aman (ya iya laaahh, blog gue gitu loh).

Link Scanner juga mendukung Internet Exploler dan Mozilla Firefox. Tool ini berinteraksi dengan search engine untuk memberi info tentang keamanan situs hasil pencarian (mirip dengan fitur AVG) termasuk kemungkinan phising, eksploitasi, dan situs yang telah di-hack.

4. File Shredder

Anda ingin menghapus file Anda untuk selamanya? Gunakan software ini. Fungsinya cukup to the point, menghapus file Anda dengan algoritma shredder sehingga file yang dihapus tidak akan bisa diakses lagi. Perlu diingat, dengan terhapusnya file dari recycle bin bukan berarti file tidak bisa kembali. Kang Maman sudah mencobanya, dan ternyata memang benar pernyataan itu. Jadi, wajib bagi Anda untuk mengandalkan File Shredder demi kepentingan privasi Anda.

5. CCleaner

Fungsinya sama dengan Tune Up. Yaitu seputar optimasi komputer, menghapus history url, cookies dari IE, firefox, dan Opera. Historis file sampai registry yang rusak pun bisa Andsa bersihkan. Anda tak akan merasa kekurangan dengan fiturnya.


Empat software di atas memang bukan semuanya, tetapi setidaknya Anda bisa meningkatkan keamanan komputer Anda. Oke, artikel keamanan lainnya bisa Anda dapatkan di posting selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar