29/12/09

Cara Mereset Printer tanpa Biaya


Pernahkah Sobat merasakan printer sudah "gak setia" kayak dulu lagi? Tiba-tiba printer ngadat saat sedang ngeprint. Lampu indikator menjadi aneh menyala berkedip-kedip main mata? Itulah saatnya Sobat "kudu dan wajib" mereset printer.

Mungkin bagi Anda yang paham tentang hal ini mesti tahu kalo menyerahkan tugas reset ini pada tukang service biayanya akan sangat mahal. Tapi kalau Anda tahu, sebenarnya mereset printer bukanlah tugas sulit dan bahkan tidak butuh biaya sama sekali. Apalagi software untuk reset printer bukanlah software berbayar dan bisa di dapatkan secara gratis di internet. Yuk, kita telusuri caranya lebih lanjut.


Sebelum mengerjakan tugas reset printer, alangkah baiknya jika Anda mengganti dulu absorber atau busa yang terletak di dasar printer. Atau jika ingin menghemat, Anda cukup membersihkan saja busa tersebut. Setelah dibersihkan, keringkan dulu dan pasang kembali.

Kini printer Anda siap untuk di-reset. Selanjutnya komputer Anda harus ter-install software reset printer. Anda bisa mendapatkannya melalui Internet. Jika lewat Google, Anda dapat mengetikkan keyword "Software Resetter+Merk Printer Anda". Contoh: "Software Resetter+Canon IP1880"
 Ganti Canon IP1880 dengan merk printer Anda.
 Khusus printer merk Epson, Anda bisa mendapatkan toolnya di http://www.ssclg.com/epsone.shml

Untuk memulai me-reset pastikan printer Anda dalam keadaan On. Proses reset mungkin akan butuh waktu yang cukup lama. Jadi sabar saja. Jika tidak berhasil ulangi lagi sampai berhasil.


Cara reset dengan software di atas mungkin yang terbaik untuk Anda. Tapi jika ingin cara yang tidak pakai software, bisa melalui cara manual kayak gini:

1. Cabut kabel power printer (yang menghubungkan printer dengan listrik)
2. Takan tombol power on, tahan jangan dilepas. Lalu pasangkan kembali kabel powernya saat tombol On tengah ditekan.
3. Setelah kabel terpasang, jangan lepas dulu tombol On. Masih dalam posisi itu, tekan tombol Resume dua kali.
4. Lepas tombol Power On dan Resume. Sekarang printer Anda siap digunakan.

Kelemahan cara kedua ini yaitu tidak permanen. Anda harus mengulanginya lagi jika tombol power di cabut atau tiba-tiba listrik padam. Maka cara pertama lebih diutamakan karena bersifat permanen, yaitu menggunakan software.

Oke mungkin tulisan saya di atas, bisa "mempererat" lagi hubungan Anda dan sang printer. Isi buku tamu mempererat silaturrahmi kita..

0 komentar:

Posting Komentar