22/02/10

Membuat Sendiri Website Wiki dengan MediaWiki

Buat Sobat yang merasa webmaster, pernahkah terbersit untuk membuat website seperti wikipedia? Hmm, terlihat sulit tapi nyatanya bisa saja koq. Anda bahkan tidak perlu pusing dengan pemrograman, kode-kode, atau apalah... Gunakan saja "MediaWiki" sebagai solusinya.


Sebelum melangkah ke pembuatan situs wiki, kita perlu tahu apa itu wiki. Website wiki yaitu situs di mana seluruh konten atau artikelnya dapat dimodifikasi oleh pengguna sehingga pengembangan tidak terbatas untuk kalangan tertentu, tetapi dilemparkan ke khalayak luas. Kita bisa membuat pembahasan baru dan bila terjadi kesalahan, pembaca bisa memodifikasinya. Kira-kira seperti itulah keadaaan website wiki.

Untuk membuat website wiki kita memerlukan engine/script-nya. Cukup banyak engine yang bisa dipakai untuk membuat situs Wiki, salah satunya adalah MediaWiki. MediaWiki bisa Anda download melalui situs resminya: www.MediaWiki.org Setelah download, langsung saja coba di localhost.

Ingat, pastikan Anda membaca referensinya secara lengkap dan jelas. Karena terkadang beberapa setting sangat membingungkan. Sedikit saja kekurangan, maka website Anda tidak akan dapat berjalan. Setelah sukses, saya ucapkan selamat!

Jika Anda benar-benar serius untuk meng-onlinekan situs wiki Anda, jangan lupa untuk tetap mengawasi perkembangannya. Karena website Anda ini admin-nya tidak terbatas. Jangan heran bila situs wiki milik Anda hanya akan menjadi gudang spam jika Anda sebagai admin utama tidak pintar-pintar berpatroli terhadap isi konten situs Anda.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

adakah yang lebih ditel lagi penjelasanya soal wapsite itu karena saya belum jelas??

Global Network mengatakan...

cmsnya ada ga ya

Posting Komentar