06/02/10

Antivirus Apa yang Tepat Untuk OS Vista?

Sobat ingat, saat Windows Vista pertama kali diluncurkan. Apa yang dijanjikan oleh Microsoft? Sistem operasi yang paling tangguh dan aman dari serangan virus. Ternyata pernyataan tersebut tidak terbukti.
Untuk Anda pengguna Vista harus memiliki security yang lebih kuat dari OS lainnya. Mau tahu apa antivirus yang cukup handal diinstall di OS Vista? Ayo kita terlusuri...



Antivirus Gratisan
Untuk kategori gratisan, 3 antivirus yang Akang rekomendasikan:

1. AVG Free
2. AntiVir
3. Avast

Tiga antivirus diatas cukup tangguh untuk kelas gratisan. Namun kelemahan Antivirus gratisan juga perlu dipikir ulang. Salah satunya yaitu update yang sedikit lebih lambat dari yang berbayar. Meski begitu, tetap saja yang gratisan cukup menghemat budget. Laptop Kang Maman pun dijaga Om AVG, lho... hehehe.



Antivirus Berbayar
Kalo sobat punya kocek lebih, jangan tanggung-tanggung untuk pakai yang berbayar. Apalagi jika datanya sudah menyangkut kerjaan.

1. Norton
2. McAffee
3. Kapersky
4. F-Prot
5. NOD32

Untuk Sobat yang memiliki komputer yang performanya tinggi, cocok untuk Norton dan McAffee. Bukan karena hal lain, tapi kedua antivirus ini makan banyak resource komputer yang tidak ada duanya. Sedangkan Kapersky sangat tangguh soal keamanan internet. Jadi jangan khawatir lagi soal keamanan browsing jika komputer anda telah terlindungi produk dari Kapersky Lab ini. Dan solusi antivirus untuk komputer high-end, F-Prot dan NOD32 punya prestasi bagus. Sedikit tip, jika Anda expert soal komputer gunakan saja NOD32.


Urutan nomor antivirus tadi bukan skala prioritas. Intinya, belum ada antivirus terbaik untuk OS Vista. Apalagi ditambah kelemahan yang cukup miris, banyak software yang tidak kompatibel dengan Vista.

Akhirnya, meskipun Vista sudah ketahuan belangnya, tetap saja keamanan tergantung user juga. Misalnya, Microsoft Vista telah memberikan sistem peringatan UAC yang meminta izin user sebelum mengeksekusi sebuah program. Jadi Anda pengguna OS Vista, keamanan tetap ada di bawah kendali Anda.

0 komentar:

Posting Komentar