11/01/10

NovaBoard Script Forum Alternatif VBulletin

Jika Sobat sering nongkrong di forum kaskus (atau forum-forum terkenal lainnya), mungkin di antara sobat ada yang berkeinginan untuk membuat situs forum sendiri. Sekedar info, VBulletin merupakan CMS (script) forum yang paling sering digunakan. Baik secara legal maupun illegal tentunya. Jika Anda ingin yang CMS yang legal dan gratisan, cobalah NovaBoard sebagai alternatifnya.


Beberapa forum terkenal di Indonesia memang menggunakan script forum dari VBulletin. VBulletin cukup banyak digunakan karena kecanggihannya dan templatenya juga cukup berlimpah. Namun untuk menggunakan VBulletin, Anda "harus" membelinya. Memang tersebar banyak sekali versi null-nya yang bisa didownload gratis, namun beberapa hosting tidak memperbolehkan kita memakai script nulled maupun cloning. Daripada cari resiko dibanned, lebih baik gunakan Novaboard.

Novaboard merupakan script forum gratis yang belum dikenal banyak orang khususnya di Indonesia. Selain karena masih baru, belum banyak digunakan, alasan klasik para webmaster tidak menggunakan script forum gratisan, karena nanti dianggap "tidak professional". Padahal dibelakang layar, mereka malah justru pakai script secara illegal. Pilih yang mana hayo..??

Fasilitas Nova Board cukup lengkap sehingga anda tidak akan merasa kekurangan. Sobat bisa membuat beberapa topik dan "mengakar"nya menjadi beberapa sub. Setelah netter register akan diberi link konfirmasi lewat email. Member pun diberi fasilitas yang cukup. Seputar avatar, signature, profil, dan lain-lain. Anda juga bisa mengatur moderator untuk sebuah topik. Selain itu juga Anda bisa mengatur link posting agar lebih search engine friendly. Pokoknya lengkap deh kayak VBulletin...!! Apalagi jika ada versi baru (yang pasti ada fasilitas baru), Anda bisa mengunduh versi update-nya sehingga tidak perlu installasi dari awal apalagi sampe menghapus seluruh isi posting (jangan gitu deh). Jika Anda masih kekurangan fasilitas, Anda bisa kontak webmasternya. Lain ceritanya jika Anda pakai script illegal, kan?

Ayo deh jangan gengsi. Saya lihat belum ada forum Indo yang pakai script ini. Setidaknya, Anda mungkin bisa jadi "trend setter" atau penyumbang asumsi open source. Saya sudah mencobanya di localhost, dan berjalan dengan sukses dan memuaskan.

Tertarik? Lansung saja unduh lewat situs resminya gratis tis tis tis!!

www.NovaBoard.net



tags: cms forum, download script forum gratis, open discussion, software gratis, portal forum, free answer,

2 komentar:

Best mengatakan...

Menarik nih coba doeloe, ah

menot mengatakan...

thanx bgt infonya.. kayanya mo nyobain deh,, ntar kalo uda jadi ane ksini lg bwt kasih alamatnya.tp jgn lupa mampir ya...hehehe..

Posting Komentar