02/12/09

Mungkinkah Facebook dijadikan ajang Berbisnis?


Judul posting ini mungkin sedikit ear cacthy. Facebook dijadikan ajang berbisnis?? Mungkin gak sih? Mungkin kita musti tahu dulu kenapa kalo semisal Kang Maman dikasih pertanyaan kayak gini, Akang pasti jawab "Ya! Bisa..!"

Facebook memang bukan hal aneh lagi di masyarakat. Kalo gak facebook, serasa jiwa muda gak ada. Khususnya tempat Akang sekarang tinggal. Kalo dulu,
warnet di kota Akang tinggal (bukan Jakarta ato Bandung, lho) bisa dihitung pake jari. Biar pun dikit dan langka untuk sebuah kota gede kayak gini, tetap aja warnetnya jarang banget penuh. Heran ampe nih ati. But, itu kenangan djaman doeloe (3 tahun lalu). Itu semua, mungkin sudah pasti karena FB belum populer. Sekarang, berbalik 179,8 ndradjat, Mas. Hampir semua warnet bisa ditemukan di setiap belokan. Malah, sampe ada 2 warnet yang jaraknya cuma 20 meter! Itu semua bukanlah karena alasan lain, tetapi karena FACEBOOK.

Di tengah populernya facebook ada hal lain yang mungkin jarang orang punya ide. Facebook dijadikan media bisnis. Mungkin sebagian manusia mengatakan itu bisa. Tapi gimana caranya??

Buat yang belum tahu ato tahu tapi cuma dikit, sebenarnya banyak sekali ide bisnis facebok yang menjual. Kita ibaratkan aja Facebook sebuah ruangan yang gak besar-besar amat. Tapi mampu untuk menampung jutaan orang Indonesia..!! Kenapa ruangannya gak besar? Karena untuk satu orang mengunjungi orang lainnya "tidak butuh" waktu lama. Paham kan maksud Akang?

Nah, di antara jutaan manusia yang berlalu lalang, kita bisa bikin warteg (ato toko jual kain kapuk) untuk tambahan uang saku, kan..?? Itulah yang saya maksud media bisnis facebook. Dan yang perlu sampeyan tahu, kita gak cuma bisa bisnis online aja yang dimasukkan ke FB, lho. Tapi bisnis "jalanan" juga bisa. Contohnya kita punya warteg (warteg lagi). Terus kita promosiin warteg kita ke temen-temen melalui facebook. Ato yang lain semisal kita butuh jual motor buat biaya modal, maka kita bisa kasih info ke temen-temen kita.

Satu hal yang harus kita yakini, Facebook merupakan area promosi cukup ampuh. Di Facebook, kita dibatasi untuk add friend dalam batas -5000 teman. Sedangkan kita bisa confirm friend tanpa batas. Maka kalo kita punya 200 friend, kita bisa promosi ke 200 teman kita. Bayangkan kita punya 5000 friend, kita bisa "PROMOSI KE 5000 ORANG GRATIS".

Oke, mungkin artikel di atas bisa membuka wawasan kita. Untuk kemajuan warteg kita (WARTEEEEEEEEEEEG LAGI), yok kita FB-an cara beda.

0 komentar:

Posting Komentar